Friday, 10 January 2014

Beasiswa Quota Scheme Universitetet i Stavanger

Bismillahirromanirrohim
Tulisan ini saya buat ialah untuk sebagai salah satu panduan teman teman yang tertarik melanjutkan S2 ke Universitetet i Stavanger Norwegia http://www.uis.no/
saat ini saya sedang menjalani semester 4 di kampus tersebut dalam Fakultas Offshore Technology program studi Subsea and Marine Engineering

pertama tama perlu saya tekankan bahwa alangkah lebih baiknya apabila teman teman mendaftar dalam keadaan sudah menyelesaikan kuliah S1 dalam jurusan yang terkait dengan program studi yang akan saya tulis ini, karena di sini saya akan menjelaskan untuk khusus fakultas Offshore technology seperti yang tertera pada web ini

Terdapat 3 program studi dalam fakultas offshore yakni



  • Industrial Asset Management
  • Risk Management
  • Subsea Technology

  • untuk program beasiswa Quota Scheme, perlu dicatat bahwa satu satunya partner institusi dari UiS di indonesia ialah ITB, jadi hanya alumni ITB yang dapat mendaftar untuk mendapatkannya seperti yang tertera pada web ini dan khusus untuk anak teknik kelautan ITB bisa lihat di web ini

    yang perlu disiapkan ialah

    1.     Officially true copies of all your educational certificates including:
    ·         Diploma/certificate/transcript (1 of those documents) from Higher Secondary School
    Nah ini maksudnya kita perlu menterjemahkan hasil UAN SMA ke bahasa inggris, jadi dulu saya kembali datang ke SMAN 3 Bandung untuk meminta terjemahan ijazah dalam bahasa inggris, alhamdulillah tidak begitu sulit
    ·         Official transcript of records and diploma from your university education should be sent in a sealed envelope (Student Copies are not accepted)
    nah kalau ini mudah, tinggal datang ke kantor fakultas ITB lalu meminta transkrip dan ijazah dalam bahasa inggris biaya pembuatannya sekitar 20ribu pada saat saya ke sana
    ·         TOEFL or IELTS test results or other required documentation confirming knowledge of English (if applicable for your country of origin)
    bagian ini yang satu ini memang strict dan butuh modal (buat ngambil testnya) 
    Minimal IELTS : 6.0 dan minimal TOEFL IBT : 80
    mengambil tes ini sebenarnya seperti sedang gambling dengan kemampuan belajar kita, kalau kita mencoba dalam kemampuan bahasa inggris yang masih belum matang maka akan menghanguskan biaya tesnya. seingat saya biaya tesnya sekitar 175 USD, you can check the update price and its taken place in your city (if any).

    2.     Letters of recommendation and letters from employers confirming work experience (if required and relevant)
    Bagian ini adalah salah satu pekerjaan extra, yakni meminta surat rekomendasi, bisa dari dosen, senior, rekan kerja, atau mungkin atasan kerja
    alangkah lebih baiknya kita mendaftar dalam keadaan sudah bekerja, sebab itu menunjukkan experience kita dalam dunia pekerjaan khususnya oil and gas. dan jangan lupa, make sure hubungan dengan atasan baik pada saat meminta letter of recommendation dengannya, sebab dengan meminta surat ini artinya kita sama saja dengan seperti pengajuan resign, tentu hal ini akan membuat atasan menjadi berpikir ulang. Berilah alasan yang jelas dan rasional sebelum meminta letter of recommendation atau lebih baik minta dari rekan kerja saja yang sudah dekat.

    3.     Financial support (only non-EU students): bank guarantee, names of sponsors, amount per year, confirmation of scholarship, etc. Details concerning money transfer will be provided in the final Letter of Admission.  
    Bagian ini hanya perlu kita lengkapi apabila kita mendaftar untuk program self-funding, apabila hanya mau mendaftar untuk beasiswa maka, dokumentasi ini tidak perlu dilengkapi. saya tidak melengkapi dokumen ini sebab saya hanya mendaftar untuk beasiswa saja.

    4.     True copy of the pages of your passport showing your picture, your full name, your date of birth and your nationality. Remember that your passport should be min. 1 year valid.  
    sudah jelas

    5.     Updated CV/Resumé  
    Berikanlah updated CV sebaik baiknya dengan format internasional, pastikan tidak ada typo atau poor english dalam CV mu.

    6.     Letter of Intention/Statement of Purpose (approx. 1 page) 
    Buatlah kata kata yang benar-benar menggugah pembaca bahwa anda benar benar memiliki alasan dan tujuan yang jelas mengapa anda ingin melanjutkan S2 ke UiS. Biasanya bisa dengan mengemukakan cita cita jangka panjangmu setelah menyelsaikan studimu di universitas ini.

    7.     Documentation of change of name if relevant (e.g. marriage certificate) 
    bagian ini khusus untuk yang sudah menikah, ini diperlukan untuk melengkapi dokumen ini juga yakni sertifikat pernikahan dalam terjemahan bahasa inggris. Ingat segala dokumentasi yang saya sebutkan di atas harus dalam keadaan sudah dilegalisir

    Sunday, 5 August 2012

    Waktu Untuk yg dicintai :)



    inilah tulisan sederhana
    Silahkan ambil Hikmahnya


    Seorang Ayah pulang ke rumah dalam keadaan letih di sambut oleh anak lelakinya yg berusia 7 tahun didepan pintu.

    Anak: Ayah, boleh tidak aku bertanya?
    Ayah: “Ya…nak tanya apa?”
    Anak: “Berapa pendapatan ayah per jam ?”
    Ayah: “Itu bukan urusan kamu, buat apa kamu sibuk tanya?” si ayah mulai marah karena merasa lelah.
    Anak: “Aku tidak tahu ayah. Tolonglah beritahu berapa pendapatan ayah satu jam
    bekerja di kantor?” si anak mulai merayu.
    Ayah: “Rp 100.000 perjam, memang kenapa?”
    Anak: “Oh…” si anak menjawab sambil tunduk ke bawah. Kemudian memandang wajah ayahnya sambil bertanya, “Ayah….boleh tidak Aku pinjam Rp 50000 dari ayah?”.


    Si Ayah mulai menjadi berang dan berkata, ” oh, itu sebabnya kamu tanya berapa pendapatan ayah, untuk apa uang sebanyak 50000 ? mau buat beli barang mainan lagi? Ayah kerja capek-capek bukan untuk buang uang sembarangan. Sekarang pergi ke kamar dan tidur, sudah lewat jam tidur nih…”
    Anak kecil 7 tahun itu terdiam dan perlahan-lahan melangkah kembali ke kamar tidurnya.
    Si ayah duduk di atas sofa dan mulai memikirkan mengapa anaknya yg sekecil itu memerlukan uang sebanyak itu.


    Kira-kira dua jam kemudian si ayah kembali tenang dan berpikir, kemungkinan anaknya benar-benar memerlukan uang untuk keperluan di sekolahnya karena anaknya tidak pernah meminta uang sebanyak itu sebelumnya.
    Dengan perasaan bersalah si ayah melangkah menuju kamar anaknya dan membuka pintu. Didapati anaknya masih belum tidur.


    “Kalau kamu betul-betul perlu uang, nah ambillah Rp 50000 ini”, kata si ayah.
    Anak itu segera bangun dan tersenyum girang. “Terima kasih banyak ayah”, katanya begitu gembira. Kemudian dia mencari-cari sesuatu di bawah bantalnya dan mengeluarkan selembar lima puluh ribuan yg sudah kusut.
    Saat di lihat uang itu oleh ayahnya, si ayah kembali marah. “kenapa kamu minta uang lagi sedangkan kamu sudah ada uang sebanyak itu? Dan dari mana kamu dapat uang di bawah bantal itu?” bentak si ayah.


    Si anak menunduk tidak berani menatap wajah ayahnya. “uang ini Aku kumpulkan dari uang saku sekolah yang ayah beri tiap hari. Aku minta lagi 50000 dari ayah sebab uang yang Aku punya sekarang tidak cukup”, jawab si anak perlahan.


    ” Tidak cukup? memang mau buat beli apa?”, si ayah bertanya balik.
    “Ayah, sekarang Aku sudah punya 100 ribu. Ayah ambil uang ini. Aku mau beli satu jam waktu dari kerja ayah. Aku ingin, ayah pulang kerja lebih awal besok. Aku kangen mau makan malam bersama ayah. “, jawab si anak tanpa berani memandang wajah ayahnya. Terdiam dan hanya merasakan air bening jatuh dari matanya.

    Sahabat, sering kita sibuk bekerja Melakukan sesuatu yg Kita anggap Penting dan tidak bisa membagi waktu untuk orang-orang yang kita sayangi seperti Ortu, Kakak, adik, Sahabat dan yg Lainnya
    sibuk Kuliah, Tugas, Ujian, Bahkan Organisasi dan Lainnya
    Tapi Sebisa Mungkin
    usahakanlah untuk menyisihkan sedikit waktu dan sampaikan betapa Anda sangat menyayangi mereka Karna Kekuatan Luar Biasa itu Lahir dari Cinta kita pada tiap org yg Kita sayangi
    dan Cintailah Mereka semua Karna Allah  yg InsyaAllah akan Selalu Mencintai Kita Amin

    Merekalah bagian dari diri kita yang memang hadir diciptakan oleh Allah untuk kita cintai sebagai bagian dari diri kita, Tak perlu diingatkan untuk selalu berbuat ini dan itu, tapi kesadaran sendirilah yang diperlukan. kesadarandiri untuk selalu memberikan dan mendoakan yang terbaik kepada sesiapa yang kita cintai !

    Semoga Bermanfaat
    Assalamulaikum






    Apa Kita Sudah Realistis ???


    Assalamualaikum para pembaca

    saya tertarik untuk membahasa perbedaan antara impian dan keinginan
    apa perbedaan Impian dan Keinginan?
    keinginan itu hanya sebatas menginginkan
    tapi impian itu adalah sesuatu yang diinginkan dan diusahakan untuk mendapatkannya

    ----)))SEKARANG kita bahas dulu tentang impian jangka pendek
    misalnya IP 4 gitu
    kita semua pasti mau punya IP 4
    tapi apa kita udah realistis dgn apa yg kita impikan???
    realistis itu berarti kita sadar akan apa saja yang harus kita lakukan untuk menggapai impian kita tsb
    dan benar benar mengupayakan segala usaha untuk mendapatkannya
    apa kita sudah benar benar melakukannya???
    kalau kita belum melakukannya, maka IP 4 tadi hanya sebatas keinginan
    dan org yang sekedar menginginkan adalah seorang pengkhayal
    seolah mengharapkan hujan emas datang dari langit --a

    ----)))SEKARANG bagaimana dengan Impian BESAR kita???
    apa kita udah punya impian yg besar???

    saya pernah mendengar dari temen saya, dia juga mendengarnya dari dosennya
    kira kira ceritanya begini
    pada umumnya mahasiswa tingkat awal ITB itu penuh dengan Impian
    pengen ngediriin perusahaan sendiri
    pengen kerja di perusahaan besar dengan gaji besar dan lain-lain

    tapi, semakin lama biasanya banyak yg makin sadar bahwa
    impian itu sulit untuk dicapai dan sebenarnya bisa dicapai tapi Membutuhkan waktu yang lama dan Sulit
    kebanyakan malah jadi pesimis dan mulai Realistis dalam memandang apa yang dia Impikan
    akhirnya karna tidak sabar dan tidak kuat dengan waktu yang lama dan Keadaan sulit tersebut
    ada yang malah ngambil jalan Pintas
    Jalan Pintas ini pada umumnya tidak baik alias tidak Halal
    mungkin ya termasuk KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme)

    wah Na'udzubillahi mindzalik
    disini penulis ingin mengajak pembaca untuk mulai bersama Realistis dalam membangun Impian Besar dari apa yang kita cita-citakan

    realistis yg saya maksudkan disini adalah
    kita melakukan apa yg kita harus lakukan untuk mendapatkan apa yg kita impikan
    apabila kita menginginkan sesuatu, ya cari tahu bagaimana cara mendapatkan hal tsb dari berbagai sumber
    dan mulai melaksanakan langkah2nya, klo kita udah berusaha dan niat kita udah diridhai Allah, maka apapun keinginan kita pasti akan kita dapatkan... (keep khusnudzon aja sama Allah)...

    jadi menurut saya, Realistis itu bisa berbanding lurus dgn PESIMISTIS, namun bisa juga berbanding lurus dgn OPTIMISTIS, tergantung tekad manusia yang menjalankannya

    ----)))SEKARANG kita berbicara Tentang Impian yang paling Besar
    yaitu Meraih Ridho Allah SWT atau bisa dikatakan dengan "Masuk Surga"

    Semua org (yg beriman) kalo ditanyain
    "mau Meraih Ridho Allah Ga???" pasti jawabannya mau
    atau mungkin lebih tepatnya pertanyaannya begini
    "mau masuk Surga ga???" pasti semua org yg ditanyain bgini jawabannya mau kan???
    tapi pada kenyataannya mungkin masih banyak hal yang kita lakukan yang menjauhkan kita dengan Impian paling besar Kita itu

    kebanyakan malah bagaimana?
    bahkan ada yg berpikir
    "masa muda mah masa enak2 aja, lakukan apa yang kita mau, nanti kalo udah Tua baru Kita Tobat"
    apa pendapat teman2 tentang perkataan seperti itu???
    apa itu sudah realistis dengan Impian paling panjang yang disebut dengan"Mendapatkan Ridho Allah"???
    atau apa itu sudah realistis dengan Impian paling panjang yang disebut dengan"Masuk surga"???

    apa ini wujud realistis seseorang yang mau mendapatkan Surga Allah???

    ternyata susah ya meraih surga, kenapa coba???
    KARNA SURGA ITU MAHAL .............!!!
    ayo kita coba usahakan u/ melewati segala Rintangannya sebagai salah satu bentuk bayarannya

    kita juga disuruh berda'wah
    tpi trnyata ngajakin temen2 u/ ke kebaikan aja ternyata SULIT loh
    kadang dibilang sok alim
    kadang malah dibilang KOLOT, KETINGGALAN ZAMAN bahkan SanGaT PRIMITIF
    kadang malah ga ditanggepin --a
    gapapa
    Emang SURGA ITU MAHAL KOK.....
    emg PERLU byk pengorbanan u/ meraihnya

    Tapi yang Penting itu Ridho Allah, karna Allah Melihat proses seseorang dalam mencari Ridho-Nya
    sedangkan hasil kita masuk Neraka atau Surga itu adalah HAK PREROGATIF ALLAH

    terkesan bagaimana?
    disini penulis hanya ingin kita saling mengingatkan
    sama sekali bukan berarti penulis sudah sempurna
    ayo kita sama2 mulai membangun sikap Realistis kita ya pembaca

    segala kesalahan dtg dari diri saya sendiri
    dan segala kebenaran datangnya dari Allah Subhana wata'ala
    jadi mohon maaf apabila ada salah kata
    semoga bermanfaat
    Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh

    Masa Muda... Masa yang Paling Diperhitungkan :)



    Masa muda

    By Gilang Muhammad Gemilang

    Allah yang maha agung memberikan potensi kepada manusia agar manusia bisa terangkat kemuliaannya dalam dunia ini, sejahtera dan juga meraih sukses hakiki menjadi pewaris surga, Allah sudah mengilhamkan untuk menjadi hamba yang sukses atau tidak tergantung dari sejauh mana kita mau mengembangkan potensi ini.

    Potensi ini paling prima untuk didapatkan pada masa muda karena Masa muda adalah masa masa semangat membara untuk melakukan sesuatu dan menghasilkan sesuatu yang baru, oleh karena itu masa muda adalah masa yang paling berpotensi untuk jadi manusia yang produktif.

    Di masa muda manusia memiliki kondisi fisik paling prima, Gigi masih 32 dgn kuat, tulang dalam keadaaan Prima, Tubuh dalam berdaya tahan kuat, jarang kena penyakit, bias terus berakitivitas walau kurang tidur, dan Tekad yang selalu menggebu gebu oleh karena itu pemuda selalu disebut dengan Agent of change.

    Pemuda lebih cenderung masih pemikiran dan paradigma yang baru yang masih sangat fresh untuk menelaah dan menganalisis keadaan sekitarnya sehingga anak muda berpotensi besar dalam menghasilkan suatu konsep pemikiran baru yang dapat diaplikasikan di masyarakat dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

    Masa muda juga adalah masa yang paling diperhitungkan Allah di akhirat kelak, sebab Seorang Pemuda yang ahli dzikir Jauh Lebih Dicintai Allah daripada Orang Lanjut Usia yang Ahli dzikir. jadi mari kita manfaatkan masa muda kita ini dengan sebaik baiknya sebab Allah lebih memperhitungkan masa muda kita dipakai untuk melakukan apa, dan apa yang kita lakukan selama masa muda kita akan sangat sangat MEMPENGARUHI kehidupan dan watak kita di kehidupan kita selanjutnya sampai kita meninggal nanti sebab Masa muda adalah masa pembentukan karakter dan watak seseorang.

    Anak muda selalu berpotensi untuk menggali potensinya, namun amat disayangkan dalam kenyataannya potensi yang digali tidak selalu potensi Postitif, bahkan ada yang selalu menggali potensi negatif. Oleh karena itu sebaiknya kita kenali terlebih dahulu apa ciri ciri orang yang selalu menggali potensi baiknya, yakni sebagai berikut

    1. Iman yang kuat
    Nah dalam menempuh masa muda ini penuh dengan cobaan dan godaan, dengan semangat nya yang terlalu menggebu gebu pemuda yang kurang iman cenderung mengikuti bahkan menghambakan diri pada harta, tahta, wanita, keinginan apalagi hawa nafsu. Oleh karena itu anak muda harus selalu mendekatkan diri kepada Allah agar hatinya Hidup dan bisa menghindar segala sesuatu yang malah bisa menggali potensi negative seseorang.

    Seorang pemuda harus memiliki iman yang kokoh agar selalu berada dalam jalan yang benar dan konsisiten dalam melakukan apa yang harus dia lakukan demi mencapai keinginan yang telah dia cita citakan secara visioner dan jelas.

    2. Keikhlasan yang sungguh sungguh
    Seorang  Pemuda Juga dituntut untuk selalu ikhlas dalam melakukan apapun, mengapa? Karena seseorang yang berat dalam melakuakan sesuat itu BUKAN karena urusan itu Berat atau sulit untuk dilakukan , tapi karena dia Kurang Ikhlas dalam melakukan hal Tersebut

    Kekurangan ikhlas ini bisa muncul karena paradigmanya yang masih menganggap keuntungan dari apa yang dia kerjakan masih tergolong kecil daripada kerugian yang dia rasakan. Oleh karena itu pemuda harus benar benar menyadari kelapangan dan keenakan hati pada saat melakukan sesuatu dengan ikhlas

    Sebenarnya dalam melakukan sesuatu apapun itu, pemuda cenderung masih terbelenggu dengan perasaan atau emosi emosi yang negative yang menghambat kinerja nya dalam melakukan sesuatu, emosi emosi itu antara lain adalah , tidak ikhlas, rindu dipuji, rindu diterimakasihi, rindu dihargai, rindu dihormati dan sebagainyayang menharapkan sesuatu dari manusia

    Padahal orang yang ikhlas sepatutnya hanya berharap kepada Allah Tuham Semesta Alam, Sedangkan manusia sebenarnya tidak punya apa apa
    Apa gunanya kita berharap dgn manusia yang sebenarnya dia sendiri tidak punya apa apa, dan semua yang dia punya juga adalah pemberian Allah?
    Mending kita langsung saja meminta kepada Allah, dengan benar2 berharap kepada-Nya yang insyaAllah akan berdampak Allah akan mengirim Perantara-Nya untuk mengabulkan permintaan kita tersebut

    3. Tekad yang Kuat, dan KetidakGentaran Menghadapi apapun selain Allah
    Nah ini kelebihan lain pemuda yaitu keberaniannya yang membara dan semangat nya untuk selalu mencoba suatu hal yang baru. Keberanian inilah yang akan menimbulkan suatu pemikiran dan produk yang kreatif yang dapat memberikan suatu pembaruan untuk masyarakat umum. Hatinya tidak takut atau sedih dengan segala aspek duniawi tapi hanya takut atau sedih kalau dia tidak berhasil mendapatkan kedekatan diri dengan Allah.

    Pemuda memiliki banyak potensi untuk selalu berkreativitas dengan keberaniannya untuk selalu mencoba, namun satu hal yang PENTING yang harus diperhatikan pemuda ialah

    Jangan mau melakukan sesuatu tanpa jelas tujuannya !

    Sebab banyak orang yang melakukan sesuatu tanpa tahu tujuannya seperti dengan menjawab lagi “pengen aja” atau “iseng” itu sebenarnya cenderung untuk membuat pemuda berpikir pendek dan selalu memburu kenikmatan yang sementara tanpa perhitungan yang matang.

    4. Usaha Yang Berkesinambungan (IstiQomah)
    Nah kalau yang ini sudah sering disinggung di tiap syuro, yaitu IstiQomah, Allah Lebih Mencintai Perbuatan baik yang sedikit namun berkesinambungan daripada perbuat baik yang sekali banyak tapi putus putus dalam jangka waktu yang lama.

    istiQomah ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab pemuda cenderung untuk malas lagi untuk memulai apabila suatu kegiatannya itu sudah lama diputus sehingga bisa ada kemungkinan bahwa usahanya tersebut tidak berjalan lagi, namun bagi pemuda yang terus menjalankan usahanya dengan istiqomah dia dapat cenderung untuk selalu menjalankannya karena telah terbiasa dan cenderung untuk menguasai perihal tersebut sehingga kedepannya dia memiliki mental yang lebih profesional

    5. Pengorbanan
    Nah untuk yang satu ini rada indentik dengan keikhlasan, pemuda yang rela berkorban demi oaring lain adalah pemuda yang mentalnya akan selalu terlatih untuk bersemangat dan rindu kepada sang pencipta Alam Allah Subhana Wata’ala. Dia akan semakin semangat dalam menjalankan kehidupan ini,sehingga hatinya tidak akan pernah melekat dengan perhiasan dunia ini walaupun aktivitas segudangnya sangat sangat dekat dengan dunia dan segala perhiasannya, hatinya tidak pernah melekat dengan itu, hatinya hanya melekat kepada Allah.

    Dengan rasa pengorbanan yang besar juga akan melatih mental pemuda untuk jauh lebih bergantung kepada apa yang dijanjikan Allah daripada apa yang ada dalam genggaman dirinya. Dirinya selalu ingin mejadi seseorang yang dapat memberi manfaat sebanyak banyak nya kepada orang lain, sesuai dengan sabda nabi “sebaik2 manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain

    Yah itulah yang dapat sampaikan dalam artikel saya kali ini, semoga bermanfaat saudara saudariku,ohya, tulisan ini sengaja ku buat sama sekali bukan semata2 untuk sekedar menasehati teman2, tapi juga untuk menasehati diriku sendiri agar selau bersemangat dalam memanfaatkan masa muda kita ini sebaik baiknya
    smoga bermanfaat y.............

    assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

    Thursday, 21 June 2012

    Rasa Hormatku Sedalam-dalamnya


    Rasa Hormatku Sedalam-dalamnya


    By: Gilang Muhammad Gemilang

    Teruntuk wanita wanita yang melakukan perdagangan dengan menjual seluruh keduniawiannya dgn Surga Allah

    Ku sampaikan salam penghormatanku sedalam dalam nya padamu
    Disaat wanita wanita lebih memilih kebahagian semu di dunia
    Disaat wanita wanita lebih memilih untuk menjadi FITNAH yg merusak hati Pria

    Namun Lihat lah dirimu
    Engkau Rela berpanas panasan dalam hijabmu
    Engkau Rela selalu menundukkan pandanganmu
    Engkau Rela Bersusah payah dalam bergerak karna hijabmu
    Engkau Rela menjaga Pergaulan Ikhwan Akhwat Sesuai Syar’i

    Teruntuk wanita wanita penjaga hijab
    Sungguh ku sampaikan sebesar-besar nya rasa simpati ku padamu
    Disaat wanita wanita lain tega membuat ayahnya diminta pertanggung jawaban yg berat akibat kelalaiannya
    Disaat wanita asik memamerkan bentuk tubuh dan keelokan paras serta tubuhnya ke sembarang orang
    Engkau menjaga segala hal itu dan menahan segala perasaanmu

    Padahal aku tahu bahwa setiap wanita Pasti ingin selalu dipuji
    Padahal aku tahu bahwa setiap wanita Pasti ingin memamerkan kelebihannya
    Padahal aku tahu bahwa setiap wanita Pasti ingin dibangga-banggakan
    Padahal aku tahu bahwa setiap wanita Pasti ingin diperhatikan

    Namun lihatlah dirimu
    Engkau persembahkan segala keindahanmu HANYA untuk Suamimu
    Kau berikan segala yang kau punya untuk membuat anak2mu bahagia
    Engkau ikhlas dalam membantu segala urusan Suamimu
    Engkau pandai menjaga diri di kala suamimu pergi
    Baik untuk Suamimu Kelak (bagi yg belum menikah) ataupun bagi suamimu yang ada

    Namun Ukhtii
    Percayalah setiap tetesan keringat yang kau tumpahkan kan menjadi penggugur dosamu
    Percayalah setiap kesusah payahanmu kan menggugurkan dosa dosamu
    Setiap penjagaanmu kan menumbuhkan hasil yang berbuah Nikmat sejati nan Abadi
    Menjadi sesuatu yang spesial dihadapan Allah adalah hal yang paling engkau dambakan.
    Bahwa itu benar setiap kemenangan pasti akan dilalui dengan perlombaan, dalam perlombaan cinta pada maha pemberi cinta ini lah yang engkau usahakan untuk menjadi yang istimewa dihadapan Nya.
    Engkau Berlomba-lomba dalam kebaikan, beradu mutu dan beradu cepat dalam beramal, mencipta amal unggulan, meledakkan kemanfaatan, itu lah bentuk perdagangan cintamu terhadap sang Maha Pemberi Cinta, Allah Azza wa jalla.

    Biarlah Engkau bersusah payah di awal ini namun percayalah
    Allah akan membalasmu DUNIA-Akhirat
    Karna ingatlah Balasan yang kan Engkau Terima bukan hanya di Akhirat saja
    Aku percaya, Bila Allah Menghendaki
    Allah akan menghadirkan satu Teman sejati untuk duniamu

    Teman yang kan selalu memuji kecantikanmu
    Teman yang kan selalu menjagamu
    Teman yang kan selalu memanjakanmu
    Teman yang kan selalu mengusap air matamu
    Teman yang kan selalu menghiasimu
    Teman yang kan selalu menghibur hari harimu
    Yaitu suami mu yang sholeh

    sebagaimana Allah telah berfirman, “Perempuan yang keji untuk lelaki yang keji dan lelaki yang keji untuk perempuan yang keji, perempuan yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk perempuan yang baik.” (an-Nur':26)

    Menjadi orang baik, dengan mimpi besar, kesungguhan kuat dalam mewujudkannya, miliki  kekuatan bertahan, hingga menorehkan sejarah kepahlawanan yang mengabadi dan menginspirasi
    Engkau menyadari bahwa sesungguhnya ada hak umat dalam diri ini, Menebar manfaat adalah suatu keniscayaan

    Karena suatu saat nanti akan lahir generasi Sholeh nan Kuat darimu yang akan melanjutkan proses dakwah pada jalan Menuju kepada Allah di muka bumi ini
    Sungguh dalam perjuangan ini akan ditemukan banyak rintangan
    Disebut pencitraan, sok alim, sok idealis, dan berbagai sangkaan maupun sindiran bahkan tekanan yang melemahkan mungkin akan hadir mewarnai perjuangan.
    Jangan takut atau bimbang, karena Allah bersamamu insyaAllah

    Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

    Terkadang hidup kita perlu seperti pegas, semakin ditekan maka lompatannya semakin tinggi.
    Ukhtii….

    Tulisan ini sengaja ku tulis untuk mengungkapkan perasaan

    BETAPA AKU MENGHARGAIMU…!!!
    dan BETAPA AKU MENGHORMATIMU...!!!

    Karena tempat istirahat yang abadi hanya lah di surga-Nya...
    Doaku menyertaimu wahai Ukhti ukhti Fillah
    Semoga Allah memberkahimu dan selalu membimbing langkahmu dalam menggenggam amanah illahi ini

    Salam Hormat saya
    Gilang Muhammad Gemilang

    “Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, dan (memasukkanmu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia lain yang kamu sukai, (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.” (QS. As-Shaf: 10-13)

    Rasulullah shalallahu'alayhi wasallam bersabda kepada Umar radiallahu'anhu: "Maukah aku beritahukan harta yg paling baik yg dimiliki seseorang?? Yaitu wanita yg salihah,jika dipandang menumbuhkan kebahagiaan,jika engkau suruh dia patuh,jika ditinggal pergi ia dapat menjaga diri."(HR.Abu Daud dari Ibnu Abbas)

    Sunday, 16 October 2011

    Protection of Indigenous

    ini hanyalah tulisanku dalam suatu seleksi MUN, alhamdulillah lolos, namun saya dengan sengaja tidak melanjutkannya sebab ada prioritas yang lebih penting pada saat itu...

    Protection of indigenous
    Protection of indigenous, ancient, and traditional knowledge Statement of the Problem For almost a decade, Goverment have been struggling with the issue of the protection of traditional knowledge (TK). Based on pasal 29 RUU Paten –Renewal Condition in my Country (Indonesia).
    The Inventor is obligated to provide Disclosure of origin and Evidence of Prior Informed Consent in the Process Registration of Patent. Inventor who use Sources of Traditional Knowledge regarding gene property need to put footnote  from where invention be advocated with proven consent of right People who is in charge of that Traditional Knowledge.
    This Obligation has always been said in Government Regulation Patent Of Developing country such as Indonesia who is specified as Mega diverse. Beside That, the obligation rule has a significant meaning of strategic in UU Patent Indonesia. A common Solution of Biopiracy is based on Traditional Knowledge, generally the obligation of disclosure of origin dan evidence of prior informed consent is really needed and help examiner to judge renewal Condition, inventive step and make invention implemented efficiently.
    Nevertheless, this obligation caused a bad impact if it used to oppose giving patent Right from Traditional Knowledge without Noticing and examining Patent Rigth Conditions. Those Policy potentially be assumed defying the consistences of TRIPS Covenant. To prevent fot that, policy of disclosure of origin dan evidence of prior informed consent  need to be ruled as follows.
    a.       Obligation is Conducted during  substantive Examination;
    b.      Obligation is  part of Condition renewal;
    c.       Obligation need to be provided with Document or database categorazied as non-literature patent. 
    Government hasn’t stated promptly policy regarding source natural gene,  Renewal Condition is one of strategic condition to impose whether Invention could be approved or not. Based On many case that occurred in United states or  United Kingdom, leaked invention regarding with traditional Knowledge and source Natural Gene is Because the Traditional Knowledge and natural source Gene has not become Prior Art in law of Patent System. Therefore Pasal 3 Rule as Follows: Invention could be approved if the Approval time is not same as prior technology.
    Secondly, I want to explain my personal view to this topic. There have been various attempts in communities around the world to try and secure their TK from being exploited and biopirated by others. They should make a patent to the invention to prevent from biopirated. But the patent should not make people which use the traditional knowledge be in troublesome caused by Biocapitalism. Therefore, it needs rule to make all parties gain profit. As a result, the measures implemented should be seen as stepping stones and events to learn from in working towards a more unified, strengthened, international system for TK IP protection, not as stand-alone solutions in and of themselves.
    Thirdly, I have an Idea to be solution to the problem we face, every TK and IP is secured by Registered in Secured Patent List by government. So Government gather all data that have been TK and IP in all over the Country. Every inventor that want to make Patent need to be examined and checked with all TK and IP reserved. Government needs to be more concern about how creativity grown in the country by making transparency policy and advertising good propaganda to make people more eager to synchronize TK, IP and Technology reserved nowadays.

    Wednesday, 13 July 2011

    Global Finance Storm

    Global Finance
    Gilang Muhammad Gemilang

    Global Finance is a wide topic to be discussed. it involves people all over the world who stand their life with money. The global financial system (GFS) is the financial system consisting of instituion and regulators that act on the international level, as opposed to those that act on a national or regional level. The goal of Global Finance System is to allow markets to exchange information and financially impact each

    Global Finance system is controlled by economic activities in each country all over the world. there are many organizations contributing in Financial System. in international, they have IMF and World Bank. in regional, we have ASEAN and ACFTA as our trading beraucracy and in national level we have the ministry of finance and BI.

    Nowaday, Global Finance system face crisis called GFC (Global Finance Crisis). The global financial crisis, brewing for a while, really started to show its effects in the middle of 2007 and into 2008. Around the world, stock markets have fallen, large financial institutions have collapsed or been bought out, and governments in even the wealthiest nations have had to come up with rescue packages to bail out their financial systems.
    The main Player of Global finance are :
    1.      Global
          IMF à to build a framework for economic cooperation and ensure that the international monetary system remains stables
          World Bank à to provide funding, take up credit risk or offer favourable terms to development projects mostly in developing countries that couldn't be obtained by the private sector
    2.      National
          Government
          Ministry of Finance
          Bank Indonesia
    3.      Regional
          ACFTA
          ASEAN

    This article provides an overview of the crisis.
    The financial Crisis is related to economic condition in the US, as indonesia rely it's economic system on US. many of our economics system are adopted from US. Basically, the problem started from the US government that empower the people to do some alternative of bussiness in property.

    especially in making home, no longer live in apartment which is more conservative to save more plain area. Because of that policy, many national and private banks in the US give an easy loan to the people without analysing the financial qualification of the people who wants to start the property business. the easy loan also means the low rate of investment which in range between 0,25% - 1% whereas the normal value is about 3-5%. those are the external factors. there is also internal factors which has occured many times before. That is the tendency of the US citizen to deposit their money rather than to spend it.

    when they want to start the property bussines, they did it with credit without cash. Therefore, in simple way we can  that there were a condition where it was lack of cashmoney. Therefore, no money circulation in the country. These aspects lead them to an unstabel economic situation and unstable economics, many industries being "ruined", and then the industrial demand were decreasing. The US industrial demand including: minerals, oil, agriculture products, textile, food, etc.

    Now, how it affects indonesian economic situation? the explanation starts from the main economic activity in Indonesia which is the household spend. This spend usually depends on the rate of their husband's salary. so, the salary rate is depends on the performance of the economic activity, the major acitivity is exporting our products, while export activity depends on the natural resources.

    as we majorly export the "raw material" of nature rather than to process it first, demand of the other countries remain still that being the destination of our export products.that is the flow of the economic activity in Indonesia,while the demand (from the US, as the indonesian products majorly exported there) decreasing,
    then it affected the performance of the manufacturer in indonesia

    while the demand decreasing --> the performance of exporting decrease --> the salary decrease, --> the main activity (which is household spending) also being "ruined”. beside that, because of the lack diversity in the products, and the countries we export our product to, it also affects the export performance. lack of diversity in products means indonesia was only rely on their export to several products like natural resources, textile, and food. nothing more. 

    lack of countries means we were only export our products to several big countries, majorly US, and europe. also japan, and china in asia region. so when the US demand decrease, then it is logic that indonesian economical activity would be affected as well. but however, the economic analyst said that indonesia has done a great job struggling in the crisis. 

    Therefore, the crisis affected not that bad to indonesian economy. it is because the production of indonesian manufacturer are being took over to be delivered to the domestic need. in simple way, indonesian still has it's market, but now it is in domestic market. the principal is just to balance the demand (whereever it from) and the supply (from the manufacturer)so, the last statement is the end of the analysis, which is the policy proposed by the economy analyst. they proposed two alternatives, which are the improvement in macroeconomic and microeconomics. 

    from macroeconomics, it is the monetary system. means that government has to control the circulation of cash money in this country. then the microeconomics: its more to the improvement of investation
    so it is about the regulation of our bank that gives the people all the ease to start investing and also improvement in the production and manufacturing system in this country UKM and many national company is the alternative to avoid the global decreasing demand.  in the simple way, the products in indonesia are produced by us, and consumed also by us. (although it is not as simple as it heard). 

    While microeconomics is all about the technical thing, rather than a governmental policy thing. and as an engineer we need to criticize this problem delicately.

    Tuesday, 9 December 2008

    Terbaik dan Terindah-ku

    In The Memoriam of Time



    Detik demi detik yang dijalani
    tak terasa waktu sudah berlalu sangat banyak
    kita sering kecewa pada saat kehilangan barang (ex:sandal jepit)
    namun jarang kecewa pada saat kehilangan waktu

    padahal sudah jelas di lauhul mahfudz umur yang ditetapkan itu berapa lama
    kini tinggal kemerdekaan kita untuk mempergunakannya dengan bijak atau keliru

    Cinta ialah sesuatu yang sangat indah
    semenjak kecil mungkin sudah mulai terasa yang namanya cinta monyet, 
    namun kian berjalannya waktu aku sadari
    harus ada alasan dan visi yang jelas dalam mengerjakan sesuatu
    jangan sampai kita mengerjakan sesuatu hanya dengan alasan dan tujuan yang hampa apalagi celaka hanya karena memperturutkan hawa nafsu

    bahwa
    Segala sesuatu perlu dijaga utuh sampai dipersembahkan dgn indah pada waktunya

    Ya Allah jika sampai tiba waktuku
    ku tak ingin ada keraguan sekecil apapun

    Jikalau ada yang mempertanyakan keyakinanku akan jodoh, maka itu tak ubahnya dengan mempertanyakan keyakinanku akan kematian...

    Ya Allah Jatuh Cinta kan lah hati ini pada cinta yang melabuhkan cintanya kepada-Mu ya Allah Bukan kepada dunia yang fanaa ini, dan tentunya pada saat yg tepat nanti ya Allah










    Saat orang-orang TIMUR berkata
    BULAN itu Indah
    ...Aku Diam...












    Saat orang-orang BARAT berkata
    BINTANG itu Indah
    ...Aku Diam...




    Saat orang-orang UTARA berkata
    AURORA itu Indah
    ...Aku Diam...






    Saat orang-orang SELATAN berkata
    PELANGI itu Indah
    ...Aku Diam...





    Saat orang-orang Terdiam
    ...Aku Berkata...

    yang paling INDAH ialah.... 
    siapapun itu yang kelak menjadi amanahku 

    hmmmm....................... Terima kasih Ya Allah
    Karena Rencanamu yang begitu indah

    Namun Yang Menjadi Pertanyaan Besarku Sekarang ialah
    Apa aku sudah pantas menjadi IMAM-mu???
    Apa Aku sudah Bisa Menuntun kamu ke Syurga???
    apalah daya diri ini tanpa ilmu dari-Mu ya Allah, 
    maka biarkanlah aku larut dalam talabul ilmmi agar aku selalu mampu menjadi pribadi yang engkau sukai
    dan biarkanlah para bidadari langit menjadi saksiku di kala ku meminang bidadari Duniaku nanti...

    Amin Amin ya Rabbal alaminnn